Monday, December 6, 2010

Autopilot (Pilot Otomatis)

Autopilot adalah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidrolik yang digunakan pada kendaraan - kendaraan tanpa campur tangan seorang manusia. Dalam masa - masa awal pesawat udara masih menggunakan seorang pilot untuk menerbangkannya. Sistem autopilot di ciptakan untuk menjalankan beberapa tugas dari pilot.

Pada bidang militer teknologi ini sudah mulai digunakan pada pesawat udara mereka, seperti pada pesawat induk yang biasa membawa pesawat - pesawat tempur. fungsi dari teknologi ini adalah untuk menggantikan pilot yang kelelahan karena harus menerbangkan pesawat udara mereka sejauh ribuan mil sehingga mereka bisa beristirahat. teknologi memiliki kemampuan untuk membawa pesawat sampai kepada tujuan yang telah ditentukan dengan memberikan koordinat tempat tujuan dan pesawat akan berjalan lurus dan rata sesuai dengan arah pada kompas karena teknologi menggabungkan indikator ketinggian menggunakan giroskop dan kompas magnetik ke rudder, elevator dan aileron.

Selain teknologi autopilot juga terdapat teknologi pesawat tanpa awak atau disebut dengan UAV (Unmanned aerial vehicle). Pesawat - pesawat ini di kendalikan oleh para perwira militer dengan menggunakan pengendali dan radar yang di pasang pada pesawat tersebut, seperti contohnya adalah condor, RQ-3A DarkStar Tier III Minus, dll. untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pesawat - pesawat tersebut dapat dilihat Disini.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pilot_otomatis

No comments:

Post a Comment

please write your comment for my blog to make it better.